TEROBOSAN TERBARU PERPUSTAKAAN INSTIPER DALAM MENINGKATKAN AKSES INFORMASI KOLEKSI NON-BUKU

Yogyakarta, 15 Desember 2022 -- Perpustakaan INSTIPER (Institut Pertanian STIPER Yogyakarta) terus berinovasi dalam mengembangkan perpustakaannya. Terbaru, pustakawan Mochammad Riski Destrianto berhasil membuat inovasi tentang pengembangan koleksi realia dan arboretum menggunakan QR code yang bermuatan infografis.

Seperti diketahui, koleksi realia dan arboretum merupakan objek yang dijadikan bahan display dan belajar mengajar di perguruan tinggi. Namun, untuk mengakses informasi terkait koleksi tersebut masih sangat terbatas. Maka dari itu, Riski memanfaatkan teknologi QR code yang saat ini semakin populer. QR code tersebut berisi infografis yang dikembangkan dari sumber pengetahuan eksplisit dan tacit intra institusi, yaitu koleksi perpustakaan dan karya ilmiah dosen atau mahasiswa , serta pengetahuan tacit dosen yang belum terpublikasi.

Dengan demikian, pengguna perpustakaan dapat mengakses informasi lebih lengkap tentang koleksi realia dan arboretum hanya dengan menggunakan ponsel pintar. Selain itu, inovasi ini juga dapat mendesiminasikan pengetahuan yang dihasilkan sivitas akademika kepada masyarakat luas.

"Saya berharap inovasi ini dapat membantu meningkatkan penggunaan koleksi realia dan arboretum serta mempermudah akses informasi bagi pengguna perpustakaan. Inovasi yang murah dan mudah ini dapat dengan mudah diadaptasi oleh perpustakaan lain dalam pengelolaan koleksinya" ujar Mochammad Riski Destrianto.

Dengan adanya inovasi ini, diharapkan pengguna perpustakaan semakin mudah dalam mengakses informasi dan pengembangan koleksi perpustakaan semakin berkembang dengan baik.

Dalam kompetisi 5th International Innovation & Design in Library & Information Science 2022, inovasi Riski Destrianto berhasil memenangkan Gold Award. Prestasi ini menegaskan keunggulan inovasi yang telah diciptakan oleh pustakawan INSTIPER dalam memperluas akses informasi dan pengembangan koleksi perpustakaan.

Share: