PERPUSTAKAAN INSTIPER RAIH PRESTASI MENJADI FINALIS 10 BESAR LOMBA BEST PRACTICE PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI YANG DIADAKAN OLEH PERPUSTAKAAN NASIONAL TAHUN 2023

Perpustakaan INSTIPER Yogyakarta berhasil masuk menjadi finalis 10 besar Lomba Best Practice Perpustakaan Perguruan Tinggi Tahun 2023 yang diselenggarakan Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI. Pengumuman pemenang dilaksanakan di Royal Kuningan Hotel, Jakarta, Jumat (15/9/2023). Dalam lomba tersebut Perpustakaan INSTIPER Yogyakarta berhasil masuk dalam rangking 8 dari 52 Perpustakaan Perguruan Tinggi yang mengikuti lomba.

Perpustakaan INSTIPER Yogyakarta mengusung inovasi tentang “Pengembangan Koleksi Realia Berbasis QR Code dan Konten Visual”. Inovasi tersebut merupakan salah satu bentuk konsep kemas ulang informasi dari koleksi realia yang mengacu pada objek tiga dimensi dari kehidupan nyata yang bisa diakses oleh masyarakat umum. Koleksi realia dapat berupa buatan manusia atau benda alami.

“Perpustakaan INSTIPER Yogyakarta melakukan pengembangan koleksi realia dengan mengemasnya menjadi konten visual. Hal ini dikarenakan sebagian besar pemustaka kami yaitu mahasiswa yang rata-rata mereka adalah digital native yang lebih suka melihat informasi dalam bentuk gambar berwarna daripada teks. Selain itu konten visual juga mampu menumbuhkan motivasi mereka untuk belajar, dan meningkatkan percaya diri dalam belajar.” kata Kepala Perpustakaan INSTIPER Yogyakarta Helmi Afroda.,SIP.,MIP. Inovasi yang dilakukan oleh Perpustakaan INSTIPER Yogyakarta diharapkan dapat memberikan manfaat bagi civitas akademika dan masyarakat secara luas.

“Inovasi ini juga dapat menjadi inspirasi atau diadopsi oleh perpustakaan lain.” ujar Helmi. Helmi pun menekankan bahwa inovasi yang dilakukan oleh Perpustakaan INSTIPER Yogyakarta merupakan hasil kolaborasi dengan unit-unit lain yang ada di INSTIPER. Diungkapkan Helmi, Perpustakaan INSTIPER Yogyakarta akan terus mengembangkan inovasi ini, serta menjadikan Perpustakaan INSTIPER Yogyakarta semakin terekognisi di tingkat nasional dan internasional

Share: