PELATIHAN PENGGUNAAN ZOTERO DOSEN FAKULTAS PERTANIAN INSTIPER YOGYAKARTA

YOGYAKARTA, 4 Juli 2024 - Perpustakaan Instiper menggelar pelatihan penggunaan aplikasi zotero yang dilaksanakan pada hari Rabu, 3 Juli 2024 di Ruang Sidang Fakultas Pertanian Instiper. Peserta pelatihan tersebut terdiri dari dosen program studi Agroteknologi Fakultas Pertanian Instiper Yogyakarta. 

Rangkaian acara dimulai dengan pembukaan yang dibawakan oleh kepala UPT Perpustakaan Instiper, Helmy Afroda,S.IP.,M.IP. Dilanjutkan dengan penjelasan materi instalasi yang disampaikan oleh pustakawan Ulfa Chusnul Faida, S.AP. Selama sesi berlangsung, terdapat pula pembimbingan secara langsung bagi peserta yang mengalami kendala ketika menerapkan aplikasi zotero pada laptop masing-masing.

Dalam kegiatan pelatihan ini, peserta diajak untuk mengenal aplikasi zotero kemudian belajar cara instalasi hingga pemanfaatannya dalam penulisan karya ilmiah. Menurut kepala perpustakaan instiper, pelatihan penggunaan aplikasi ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pengelolaan referensi bagi dosen sehingga hasil karya publikasi dapat tersitasi dan terserap oleh google scholar dengan sempurna.

Menurut Dr. Sri Suryanti, MS, sebelumnya dosen-dosen agroteknologi FAPERTA sudah mengetahui cara penulisan sitasi dan daftar pustaka menggunakan mendeley, dan ingin mempelajari aplikasi zotero sebagai alternatif lain.

Zotero merupakan salah satu reference manager tools gratis yang dapat digunakan untuk mengelola sumber‐sumber referensi secara mudah dan efisien. Pengguna dapat menambahkan file PDF, gambar, audio, video, dan snapshot dari halaman web ke dalam aplikasi. Kemudian, Zotero akan menghimpun sumber-sumber tersebut dan menampilkannya dalam satu interface. Tampilannya yang sederhana membuat aplikasi ini cukup ramah bagi pengguna baru.

Diharapkan, pelatihan penggunaan aplikasi zotero ini dapat memberikan banyak manfaat bagi peserta dalam menulis karya ilmiah. Selain itu, diharapkan pula kemampuan peserta dalam referensi dapat meningkat sehingga kualitas publikasi yang dihasilkan semakin baik. Perpustakaan INSTIPER Yogyakarta berkomitmen untuk terus memberikan layanan terbaik dan inovatif bagi penggunanya.

Share: