Struktur Organisasi dan Garis Komando Perpustakaan


Berikut daftar ketenagaan di UPT Perpustakaan Instiper :
Kepala UPT Perpustakaan : Helmi Afroda, SIP., M.IP
Bagian Administrasi dan Keuangan :
  • Ulfa Chusnul Faida, S.AP
  • Resti Safitri, S.Si.
  • Bagian Pengolahan dan Pemeliharaan :
  • Eni Puspitasari, S.Si.
  • M. Riski Destrianto, S.Hum
  • Bagian Layanan Sirkulasi : Raharjo
    Bagian Digital Library :
  • M. Riski Destrianto, S.Hum
  • Adi Romansa, S. Kom
  • Septian Eko Yuwono, S.Kom
  • Sulaiman Al Rosyid A.Md. Kom
  • Bagian IT dan Pemeliharaan : Lazuardi Fatahillah Hamdi, S.Kom

    Deskripsi Tugas

    1. Kepala UPT Perpustakaan
  • Menyusun rencana strategi perpustakaan
  • Menyusun rencana dan program kerja tahunan
  • Menyusun program pengembangan perpustakaan
  • Mengorganisasikan sumber daya dan dana
  • Membimbing dan membina sumber daya manusia
  • Mengoordinasikan penyelenggaraan bidang-bidang yang ada dengan para pimpinan fakultas untuk pengelolaan dan penyelenggaraan perpustakaan
  • Mengoordinasikan pengelolaan dan pengembangan perpustakaan dengan para pustakawan di perpustakaan Pusat untuk pengelolaan dan penyelenggaraan perpustakaan
  • Melakukan monitoring & evaluasi pelaksanaan tugas layanan teknis, layanan pemustaka, pelayanan TIK, pengembangan dan kerja sama, serta administrasi dan kerumahtanggaan
  • Menyusun laporan tahunan kegiatan perpustakaan
  • Melaporkan segala aktivitas yang diselenggarakan di Perpustakaan INSTIPER kepada Rektor melalui Wakil Rektor I
  • 2. Bagian Administrasi Umum dan Keuangan
  • Melaksanakan tugas mengkoordinasikan kegiatan administrasi persuratan
  • Melaksanakan pemeliharaan prasarana dan sarana serta menjaga kebersihan perpustakaan
  • Melaksanakan koordinasi persuratan, keuangan, dan aset perpustakaan
  • Melaksanakan administrasi pengadaan bahan perpustakaan
  • Melaksanakan pemantauan dan evaluasi pengadaan bahan perpustakaan
  • Melakukan kegiatan administrasi penerimaan, penyimpanan, pengeluaran keuangan perpustakaan
  • Memberikan laporan rutin kepada Kepala Perpustakaan
  • 3. Bagian Pelayanan (Sirkulasi dan Referensi)
  • Melayani kegiatan peminjaman dan pengembalian bahan pustaka
  • Menyimpan bahan pustaka sesuai dengan aturan yang ditetapkan
  • Melayani pembuatan kartu anggota perpustakaan
  • Melayani pembuatan surat keterangan bebas pustaka
  • Melayani pengguna yang mengalami kesulitan dalam menemukan informasi , yang berupa penelusuran informasi koleksi buku maupun non buku yang ada di perpustakaan
  • Memberikan laporan rutin kepada Kepala Perpustakaan
  • 4. Bagian Pengolahan dan Pemeliharaan
  • Melaksanakan kegiatan seleksi bahan pustaka
  • Melaksanakan kegiatan klasifikasi/tajuk subyek bahan pustaka
  • Melaksanakan kegiatan inventarisasi bahan pustaka
  • Melakukan kegiatan shelving bahan pustaka
  • Memelihara bahan pustaka dari kerusakan faktor biologi, faktor kimia dan faktor lainnya
  • Memberikan laporan rutin kepada Kepala Perpustakaan
  • 5. Bagian Digital Library
  • Melaksanakan pemantauan Web Content Perpustakaan serta membuat konten perpustakaan menjadi lebih edukatif dan menarik
  • Melaksanakan evaluasi Web Content Perpustakaan
  • Mengelola sosial media perpustakaan
  • Membantu pengguna mengkases koleksi skripsi online di perpustakaan
  • Melayani pengguna internet dan membantu penelusuran literature online yang dibutuhkan pengguna
  • Mengkoordinasikan & melakukan kegiatan editing koleksi digital atau elektronik berdasar format yang ditetapkan
  • Memberikan laporan rutin kepada Kepala Perpustakaan
  • 6. Bagian IT dan Pemeliharaan
  • Menyelenggarakan kegiatan dan perawatan TI dalam operasional perpustakaan
  • Menyelenggarakan pengembangan TI sesuai dengan kebutuhan perpustakaan
  • Melakukan analisis dan kajian kebutuhan sarana informasi institusi dan pengguna
  • Melaksanakan perbaikan database, jaringan, software dan hardware
  • Melaksanakan kegiatan rutin pengamanan data dalam sistem server perpustakaan
  • Memberikan laporan rutin kepada Kepala Perpustakaan