Gema Literasi Informasi dalam Peningkatan Mutu Pendidikan dan Pengajaran

Sebagai jantung pengetahuan, perpustakaan memiliki peran dalam penyimpanan, pemanfaatan dan penyebaran informasi bagi penggunanya. Untuk merealisasikan peran ini UPT perpustakaan Instiper yogyakarta menginisiasi pelatihan pemanfaatan jurnal online yang diikuti oleh dosen-dosen di lingkungan fakultas pertanian. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas dosen dalam menggali sumber informasi di perpustakaan yang dapat dimanfaatkan secara maksimal guna memperkaya wawasan intelektual sebagai media pembelajaran mahasiswa.

Pelatihan ini berlangsung di. ruang sidang lantai dasar fakultas pertanian pada tanggal 13 Juli 2018 pada pukul 09.30-11.00 dengan penyampaian materi anatara lain pengenalan e-resources (jurnal) yang ada di Upt perpustakaan Instiper serta strategi penelusuran yang efisien dan tepat guna. Penyampaian materi pemanfaatan jurnal ini disampaikan langsung oleh ibu Helmy Afroda, S.IP., M.IP. selaku Kabag Perpustakaan Upt Perpustakaan Instiper Yogyakarta dengan didampingi oleh dua asistennya yaitu Muhammad Yusuf setiawan dan Kiki Jarwanti.

Dalam kesempatan ini ibu Helmy Afroda, S.IP., M.IP., sebagai Keynote Speaker dan choach menyampaikan pentingnya pemanfaatan sumber informasi jurnal sebagai sumber rujukan informasi primer mengingat muatan informasi yang terkandung didalamnya sangatlah beragam. Beliau menyampaikan bahwa dalam satu jurnal dengan subjek tertentu saja, user dapat menemukan 300 ribu judul artikel dengan spesifikasi yang berbeda. Bisa dibayangkan jika di perpustakaan sendiri telah tersedia 11 portal jurnal online, maka berapa juta artikel dengan judul berbeda yang bisa mereka manfaatkan guna menambah sumber rujukan informasi mereka dalam kegiatan pengajaran mahasiswa.

Setelah pengenalan berbagai macam portal jurnal online, sesi selanjutnya beliau menerangkan langkah apa saja dan bagaimana memperoleh informasi yang relevan menggunakan strategi penelusuran yang efektif terukur dengan boolean logic dan google syntax. Strategi yang di sampaikan ini dapat memperluas jelajahan topik dan mempersempit ruang lingkup pencarian. Keuntungan yang lain, dengan menggunakan metode ini user dapat memilih type document, waktu, jenis penelitian, dan bentuk hasil penelitian. Sehingga dengan pemanfataan berbagai jurnal dan strategi peneluran ini, optimisme harapan beliau terkait keberagamaan sumber informasi pembelajaran dosen pada mahasiswa dan keterpakaian sumber informasi yang disediakan di upt perpustakaan dapat terealisasi dengan sangat baik.

Disisi lain, digaungkannya semangat baru Instiper “ New Instiper With Advance Technology” oleh bapak rektor Instiper, Dr. Ir. Purwadi, MS, turut menambah dorongan moriil yang sinergis bagi para dosen pengajar dan pustakawan sebagi mediator dan konektor sumber informasi untuk terus meningkatakan performanya khususnya pada nlingkup pengajaran guna mendukung dan mencapai program baru tersebut.